Asal Muasal

rumahku

RUMAHKU HIDUPKU, itu judul blog ini…kenapa saya pilih itu??

Rumah atau bisa dipersempit jadi kamar mempunyai bentuk tersendiri, tepatnya tata ruang. Penempatan jendela, pintu, meja, tempat tidur, kursi, komputer dll adalah bagian didalamnya. Siapa yang mengaturnya? tentu penghuninya atau lebih tepatnya saya, yang dimana saya pasti akan membuat tata ruang yang nyaman untuk saya. Lalu setelah terbentuk tata ruangnya, tugas selanjutnya adalah menjaga. Apakah kita bisa menjaga kebersihan kamar tersebut, apakah dalam keberjalanan waktu kamar itu akan berantakan dan tata ruang tadi mengalami perubahan letak? Semua hal itu bergantung kepada saya, apakah saya sering bersih – bersih, tidak buang sampah sembarangan, apakah saya selebor dalam meletakkan barang dsb..Jadi dari pembuatan dan penjagaan semua itu akibat perbuatan saya..

Sama seperti hidup. Sayalah yang merencanakan kehidupan dari pola pikir, tingkah laku, arah atau tujuan dalam kehidupan. Namun yang saya cukup sulit adalah saat menjaga rencana tersebut, sama seperti halnya dengan kondisi kamar. Kadang kala kita salah dalam melangkah, yang tidak sesuai rencana, trus rencana hidup tadi mengalami perubahan. Masih bagus kalau perubahan itu kita sadari , namun bila itu semua diluar kendali kita dan kita cendrung cuek, istilahnya, yo wislah, itu baru buruk.Dan memang menjaga kekonsistenan di rencana hidup cukup sulit.

Perencanaan hidup memang penting, namun lebih penting adalah dalam persiapannya. sesiap apa dan sematang apa saya untuk membuatnya. Sudahkah informasi yang telah didapat cukup? dan mempunyai nilai baik dan buruknya yang kita sadari? itu yang utama…Setelah siap dan dirasa cukup, baru membuat perencanaan hidup. Setelah membuatnya, rintangan selanjutnya adalah dalam menjaga rancangan tadi agar tidak keluar jalur, toh kalau memang keluar, itu kita sadari dan lewat pemikiran terlebih dahulu.. dan hal ini yang cendrung agak susah bagi saya. Karena memang banyak sekali hal – hal yang menurut saya itu baik dan ada kesempatan untuk mengembangkan diri di situ. Walaupun ternyata tidak sesuai dengan yang saya rencanakan, hal itu tidak jadi masalah bila terlebih dahulu saya mempertimbangakannya. Itu artinya, dalam menjalani perencanaan hidup, tidak akan berjalan dengan mulus karena pasti akan menemui sesuatu hal yang mungkin bisa berguna atau berakibat buruk. Kalau dari pengalaman saya, ada tiga hal penyebabnya,..

1. Manusia hidup dilingkungan yang luas dan dinamis. banyak pengaruh dari luar yang bisa merubah planning saya. Karena saya hidup dilingkungan yang luas, dalam arti banyak orang2 yang berpikiran beda, saya menjadi teracuni dengan informasi2 yang saya dapatnya. Informasi tadi bisa mengubah cara saya berpikir, berperilaku dll. Luas juga punya arti, banyak hal di dunia yang bisa saya masuki dan bisa jadi cendrung menggoda kita. Sesudah luas, dunia ini juga dinamis, selain saya yang berubah, kondisi lingkungan saya juga berubah.

2. Perencanaan yang tidak matang. Mungkin saya tidak secara jelas dan matang dalam membuatnya. Seharunya saya memperhitungkan kemungkinan2 perubahan yang akan saya alami dan rasakan. Artinya perlu diperhatikan tantangan yang akan ada di masa depan.

3. Komitmen yang tidak kuat. Ini terkait dengan niat dan semangat saya dalam menjalaninya..

Oleh karena itu, rumahku hidupku berisi informasi – informasi, cerita – cerita, pandangan pribadi saya mengenai suatu hal  dan semuanya berhubungan dengan hidup saya pribadi dan kehidupan sekitar. Semuanya bertujuan membentuk hidup yang teratur, punya arti dan tujuan yang jelas baik bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar, sahabat, keluarga dan juga bangsa dan negara.

1 Comment (+add yours?)

  1. Faiz
    Feb 14, 2011 @ 07:30:15

    Selamat bergabung di Klb bsar PLN Bang .

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: