Bersikap jujur, sadar akan kemampuan, mempunyai hasrat untuk berubah, berusaha mencari jawaban segala keraguan, berjuang untuk melindungi orang yang dikasihi. Andaikan semua orang bisa seperti itu, tidak akan ada perasaan benci, dendam, karena melihat tingkah seseorang yang selalu mengambil jalan pintas untuk meraih kesuksesan.

Keserakahan, kebiadaban, ketidakmanusiaan, kekejian, andaikan manusia tidak mempunyai pilihan untuk melakukannya, tidak akan ada kebodohan, kematian, kesedihan, kemiskinan, ketidakmerdekaan. Dunia begitu ideal, andaikan ideal itu memang penuh kedamaian, rasa kasih sayang.

Namun bukankah karena adanya orang/kaum tertindas, muncul tokoh – tokoh pahlawan mengatasnamakan pembela kebenaran. Bukankah adanya orang – orang pintar penemu ilmu pengetahuan, sehingga timbulnya penemuan – penemuan luar biasa yang bisa membantu peradaban manusia menuju kesejahteraan atau bahkan menghasilkan senjata pembunuh umat manusia. Besar kecil, berguna tak berguna, kedamaian atau kesengsaraan. Niat jahat atau niat baik susah dikenali dalam kehidupan dunia materi, hanya untung dan rugi yang dikenal. Waktu akan menjawab, seberapa jauh perbuatan kita, petaka atau anugerah.

Advertisements