Mempunyai akun facebook mempunyai beberapa dampak yang saya alami. DUlu sempat berpikir untuk tidak membuat akun facebook. Saat pertama kali bikin yang terpikir adalah, menambah teman sebanyak – banyaknya, dari teman bangku SD sampai bangku kuliah. saat tulisan ini dibuat, jumlah teman saya 306. kerjaan kedua yaitu men’tag’ foto – foto yang diupoad oleh teman. bertukar tukar komen di foto tersebut atau di wall. setelah lewat beberapa minggu, saya mengalami beberapa perubahan saat membuka aplikasi internet.

1. Halaman yang dibuka sebelum membuat akun facebook : (sesuai urutan)

a. yahoo
b. wordpress
c. kompas
d. goodreads
e. detiksport

ketika sudah membuat facebook

a. yahoo
b. facebook
c. goodreads
d. wordpress

2. Ketika membuka yahoomail, forder yang saya cek email masuknya sebelum membuat facebook : (sesuai urutan)

a. inbox
b. wordpress
c. el05
d. hme-itb
e. lain – lain

setelah mempunyai akun facebook

a. facebook
b. inbox
c. el05
d. hme-itb
e. lain – lain

kedua kebiasaan ini baru saya sadari baru – baru ini. fenomena facebook telah membuat saya melupakan blog saya. tidak pernh membuat tulisan lagi untuk dimuat di blog. tidak pernah membuat komen di blog teman2. Untungnya ini  cepat saya sadari, diri ini terlalu sibuk untuk facebook, hal ini harus segera dirubah. blog merupakan sarana komunikasi yang tepat. untuk berkenalan kita mempunyai modal berupa tulisan yang cukup bisa memcerminkan penulis blog tersebut. sedangkan di facebook tidak, foto,  komen2 dan profil belum cukup kuat untuk mencerminkan orang tersebut.

it’s just my opinion, bukan berarti saya akan menonaktifkan facebook. positifnya dari facebook, salah satunya, kita bisa tetap mempunyai kenangan2 berharga lewat foto2 yang diupload.

Saya hanya ingin kembali mengurusi blog ini dan mari kita lanjutkan kegiatan tukar  – menukar informasi ini.

salam…

